06 December 2011

Januari 2012 Tapteng Luncurkan Mobil Internet

Bonaran Tidak Biarkan Daerah Terpencil Semakin Terkucil
TAPTENG- Januari 2012 mendatang, pemerintah kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) bakal meluncurkan 3 unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang akan melayani masyarakat di seluruh kecamatan yang ada di Tapteng.

“Ketiga MPLIK itu merupakan bantuan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diharapkan dapat lebih memperkenalkan layanan internet dengan berbagai manfaatnya kepada masyarakat diseluruh pelosok negeri,” ujar Plt Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Tapteng, Drs Binton Simorangkir MM kepada METRO diruang kerjanya, Kamis (1/12) kemarin.

Menurut Binton,  Pemkab Tapteng akan memfungsikan ketiga unit mobil itu pada bulan Januari 2012 mendatang dan biaya operasionalnya tetap dibebankan kepada pemerintah daerah. “Kebetulan fasilitas ini sesuai dengan salah satu motto Bupati Tapteng, jangan biarkan daerah terpencil semakin terkucil. Dan saat ini, tahapan yang sudah kira lakukan yakni melakukan sosialisasi sebagai langkah persiapan,” terangnya.

Ia menerangkan, MPLIK ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat di kecamatan-kecamatan, seperti sarana untuk memperkenalkan komputer dan internet kepada masyarakat lapisan bawah, khususnya para anak sekolah di daerah tertinggal. “Kemudian sebagai sarana mempercepat pemerataan informasi dan telekomunikasi kepada masyarakat. Disamping itu, MPLIK ini juga nantinya akan menjadi sarana penyuluhan kepada masyarakat, pelatihan kepada para anak-anak, remaja dan pemuda serta sarana pelayanan public seperti pembuatan KTP dan kartu keluarga,” bebernya.

Masih menurutnya, MPLIK ini memiliki fasilitas berupa 6 unit laptop, tenda dan kursi dengan jaringan melalui satelit untuk memberikan kenyamanan para warga pengguna dari panas maupun hujan. “Semua fasilitas ini bebas dipergunakan secara gratis, tidak dipungut biaya, supaya masyarakat bisa mencari informasi yang di butuhkan. Termasuk nantinya juga bisa digunakan untuk mempermudah pengurusan KTP dan KK Elektrik jika dikecamatan terkendala jaringan internet,” pungkasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ketiga unit MPLIK ini akan dibagi dalam 3 zona operasional secara bergilir dari kecamatan ke kecamatan, yakni Zona I yang meliputi Kecamatan Sibabangun, Sukabangun, Lumut, Pinangsori, Badiri hingga Sitahuis. Sementara Zona II meliputi Kecamatan Tapian Nauli hingga Kecamatan Sosorgadong, sedang Zona III meliputi Kecamatan Barus hingga Manduamas. “Mobil MPLIK di setiap zona akan beroperasi secara bergulir dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya. Poskonya bisa disekitar wilayah sekolah, kantor kecamatan atau daerah keramaian seperti pasar dan lain sebagainya. Dan lita berharap fasilitas ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.



Sumber:http://www.metrosiantar.com

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa,tinggalkan komentarnya ya..!! makasih