06 December 2011

Menuju Negeri Wisata Sejuta Pesona

TAPTENG- Dalam rangka mendukung konsep Kabupaten Tapteng Negeri Wisata Sejuta Pesona yang akan dicanangkan mulai tahun 2012 mendatang, pemkab bekerjasama dengan KONI Tapteng akan menggelar berbagai perlombaan maupun per-tandingan olahraga bertaraf internasional.

“Berbagai pertandingan itu diantaranya turnamen volly pantai, lomba dayung dan perahu, lomba balap sepeda dan berbagai perlombaan lainnya. Selain dalam rangka untuk menghidupkan kembali dunia olahraga, juga untuk memperkenalkan Tapteng dengan berbagai potensi wisatanya kepada masyarakat Indonesia maupun mancanegara,” ungkap Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang SH MHum saat membuka festival vokal solo lagu rohani RRI Sibolga di aula Bina Graha kantor Bupati Tapteng, Sabtu (3/12) kemarin.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan itu, kata Bonaran, masyarakat dunia dapat melihat potensi keindahan dan keunikan alam maupun sejarah yang ada di Tapteng serta mempublikasikannya di negaranya masing-masing. “Saya dan seluruh masyarakat Tapteng ingin mengenalkan Tapteng di mata dunia internasional, sebab Tapteng memang sangat kaya akan potensi, khususnya pariwisata. Kita punya air terjun terindah dan terunik didunia yang terdapat di Pulau Mursala, yang mana air terjun di tengah  laut dan airnya langsung jatuh kelaut,” beber Bonaran.

Selain itu, sambung Bonaran, Tapteng juga memiliki 10 air terjun lain yang begitu indah, kemudian memiliki sejumlah pantai yang tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal, baik yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. “Tapteng juga memiliki kota sejarah yang memiliki keterikatan erat dengan sejarah dunia. Tapteng juga memiliki potensi wisata bahari berupa hamparan terumbu karang yang indah dan sebanding dengan yang ada di Wakatobi maupun Takabonarate,” pungkas Bonaran.

Namun dengan kekayaan alam yang dimiliki Tapteng, kata Bonaran, jika tidak diperkenalkan kepada dunia, mereka tidak akan tahu keindahan alam ciptaan Tuhan yang ada di Tapteng. “Untuk itulah kita melaksanakan kejuaraan-kejuaraan olahraga bertaraf internasional ini. Program ini sudah saya sampaikan langsung kepada para pengurus baru KONI Tapteng saat audensi, Jumat (2/12) kemarin,” katanya.

Bonaran berharap, konstribusi dari setiap instansi maupun elemen masyarakat untuk mendukung Tapteng Negeri Wisata Sejuta Pesona tersebut dengan mengadakan berbagai kegiatan-kegiatan positif, baik dibidang seni, budaya, kuliner dan lain sebagainya. “Guna menyongsong itu, kita harus berbenah dan bersiap diri serta meningkatkan sumberdayanya masing-masing. Bahkan para ibu juga harus mampu memperkaya kemampuan mengolah makanan, khususnya makanan khas Tapteng yang kedepannya akan bermanfaat untuk mendukung pariwisata,” tegasnya.

Selain kejuaraan olahraga bertaraf internasional, sambung Bonaran, juga diprogramkan pelaksanaan lomba memasak atau lomba kuliner tahun 2012 mendatang yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengolah makanan serta memperkaya khasanah kuliner di Tapteng. “Dalam lomba memasak atau kuliner ini, pihak TP PKK Tapteng bekerjasama dengan Harian METRO TAPANULI sebagai panitia pelaksana dan hal ini sudah pernah dibicarakan sebelumnya. Para pemenang nantinya akan kita kirim ke beberapa daerah untuk belajar memasak masakan khas daerah itu. Juara I akan dikirim ke Makasar untuk belajar mengolah dan membuat masakan khas Makasar, juara II akan kita kirim belajar ke Palembang serta Juara III nya akan kita kirim ke Padang,” tandasnya lantas menambahkan hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri menjadi daerah utama tujuan wisata di Sumut, Indonesia bahkan dunia.

0 comments:

Post a Comment

Jangan Lupa,tinggalkan komentarnya ya..!! makasih